Selasa, 06 November 2012

3 Tahun Lagi, Tinja Jadi Bahan Bakar Mobil

img
Mobil hidrogen Toyota
Membuat mobil yang melaju dengan kotoran manusia sebenarnya bukan hal yang baru, sayang belum komersial. Tapi produsen Jepang optimistis hal itu bisa terjadi dalam 3 tahun lagi.

Adalah konsorsium yang terdiri dari Toyota, Japan Blue Energy, dan Mitsui Chemicals yang memprakarsai hal ini.

Dilansir Nikkei, kotoran manusia bisa menjadi sumber energi mobil dengan cara mengekstraksi hidrogen dari tinja.

Hidrogen tersebut nantinya akan dipakai untuk mobil-mobil sel bahan bakar yang menggunakan hidrogen sebagai sumber energinya.

Wah bagaimana caranya?



Foto Mitsui Chemicals

Teknologi ini dilakukan dengan mengeringkan kotoran manusia menggunakan bola-bola aluminium oxide yang dipanaskan. Proses ini menghasilkan gas metana yang kemudian dipanaskan ulang untuk melepas gas hidrogen dalam konsentrasi tinggi. Hal ini bisa mengurangi emisi karbon sampai 75 persen.

3 perusahaan itu berharap dengan semakin mudahnya mendapatkan hidrogen, mobil sel bahan bakar menjadi alternatif baru.

Selama ini kendaraan sel bahan bakar sangat mahal harganya karena proses pembentukan hidrogen sangat mahal pula.

Padahal mobil jenis ini memiliki jarak jelajah yang jauh dan tidak membutuhkan listrik dari sumber energi seperti batu bara. Mobil ini menggunakan reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan listrik. Dan sebagai hasil sampingnya, adalah air yang keluar dari knalpot, bukan lagi asap yang beracun.

Sebelumnya, ada perusahaan GENeco yang membuat VW Beetle dengan bahan bakar dari biogas yang dihasilkan dari tinja manusia.


sumber :detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar